Connect with us

Kaltara

Gubernur Kaltara Serahkan Hewan Qurban di Bulungan

Published

on

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menyerahkan hewan qurban kepada pengurus Mesjid Agung Istiqomah Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

TANJUNG SELOR – Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, ditemani jajaran kepala OPD Pemprov Kaltara membagikan hewan-hewan kurban kepada pengurus masjid di Kaltara, secara simbolis di Masjid Agung Istiqomah, Tanjung Selor, Bulungan

Sebanyak 54 ekor sapi kita bagikan. Satu ekor diantaranya adalah sapi kurban dari, Presiden Jokowi. Sapinya gemuk dan sehat. Beratnya jangan dibilang, 950 kilogram. Berat banget kan? Sapi dari Pak Jokowi ini kita serahkan tahun ini ke pengurus masjid Istiqomah Bulungan.

“Saya juga menyerahkan sapi yang beratnya 850 kilogram secara simbolis ke pengurus masjid Al Khaff, Kampung Arab, Tanjung Selor, ” tegas Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

Lalu 52 ekor lainnya juga di bagikan secara simbolis. Yaitu 14 ekor ke sejumlah masjid/langgar di Tanjung Selor, 5 ekor ke Tanjung Palas, 2 ekor ke Tanjung Palas Utara, 1 ekor ke Sekatak, 2 ekor ke Tana Tidung, 3 ekor ke Kabupaten Malinau.

Ke Lumbis dan Simanggaris juga kita salurkan masing-masing 1 ekor, 4 ekor di Kota Nunukan, 2 ekor di Sebatik, 7 ekor ke Tarakan, dan 2 ekor ke Bunyu.

Kenapa kita mesti berkurban? Karena sesungguhnya hadits baginda Nabi Muhammad SAW menyebutkan amalan yang sungguh mulia di hari Iduladha adalah berkurban. Selain itu, ada 5 alasan lain, yaitu: Meneladani nabi Ibrahim; Untuk mendapatkan nilai pahala dan diridhoi oleh Allah. Kalau Allah ridho, segala kesulitan kita akan dimudahkan-Nya.

Selanjutnya, berkurban adalah ibadah atau sarana mendekatkan diri kepada Allah, supaya kita dapat perlindungan. Kalau kita dekat dengan Allah, apa saja yang kita minta pasti diberi.

Berkurban juga adalah ibadah yang disukai oleh Allah. Lalu ibadah kurban ini tentu menjadi sarana menyebarkan kebaikan dan bermanfaat untuk orang lain.

Saya mengajak kepada masyarakat, khususnya yang mampu agar mulai tahun depan menanamkan dalam lubuk jiwanya untuk senantiasa berkurban, meskipun ini adalah ibadah sunnah muakkad (wajib bagi mereka yang mampu).

Misalkan, 10 persen saja dari separuh warga Kaltara yang berkurban, berarti akan ada 40 ribu hewan kurban setiap tahun. Itu jumlah yang luar biasa.

Apakah kita bisa? Bisa. Dengan membiasakan diri menabung Rp 10 ribu sampai maksimal Rp 200 ribu sehari, kita bisa membeli hewan kurban dalam setahun.

Dan kita tahu semuanya, bahwa perintah berkurban sudah difirmankan Allah SWT dalam Surah Al Hajj mulai ayat 33-37. Menyembelih hewan kurban adalah tanda syukur atas rezeki atas karunia yang diberikan Allah, dan hal tersebut wajib dilakukan oleh orang beriman.

Ciri-ciri orang beriman itu, salah satunya menginfakkan sebagian rezekinya.

Di ayat 36 juga dijelaskan secara lengkap cara tepat menyembelih hewan kurban agar amalan menyembelih hewan kurban diterima oleh Allah SWT. Antara lain menggunakan pisau yang tajam agar tidak menyakiti hewan yang disembelih.

Di Surah Al Kautsar ayat 2 juga Allah berfirman “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan sembelihlah hewan kurban” (Fasalli li Rabbika Wanhar).

Saya juga meminta, kepada panitia kurban pada saat salat Iduladha dan penyembelihan nanti memperhatikan betul penerangan protokol kesehatan. Jaga kebersihan.

Kepada masyarakat umum yang berkurban, perhatikan betul kesehatan hewan kurbannya. Harus sehat, tidak cacat, dan cukup umur, baik itu domba minimal berumur setahun atau lebih, kambing minimal berumur 2 tahun atau lebih, dan sapi minimal 3 tahun atau lebih.

Saya mengapresiasi masyarakat yang telah berkurban tahun ini. Termasuk kepada ASN dan OPD Pemprov Kaltara yang sudah berinisiatif melakukannya. Semoga masyarakat semakin solid. ASN juga demikian, menumbuhkan rasa persaudaraan, rasa saling peduli, dan ingin berbagi.

Di momentum Hari Raya Iduladha ini, mari kita berdoa dengan khusyu agar wabah pandemi Covid-19 segera diangkat oleh Allah SWT. Sekaligus mendoakan daerah kita tetap aman dari musibah dan bencana alam. * ya2n.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaltara

Gubernur Kaltara Minta Program Padat Karya di Perbanyak

Published

on

By

Infografis.

TANJUNG SELOR – Sejak awal Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, meminta organisasi perangkat daerah untuk memperbanyak progam-program padat karya. Selain untuk mengungkit ekonomi, juga menjadi sarana untuk memberdayakan masyarakat.

Salah satu program padat karya yang saat ini gencar dilakukan adalah pembangunan jalan lingkungan. Awalnya direncanakan terbangun 115 ruas. Pasca kebijakan refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19 berkurang menjadi 56 titik yang tersebar di lima kabupaten/kota. )

Kenapa membanyakkan jalan lingkungan? Karena kembali pada kebutuhan masyarakat. Apalagi di masa pandemi, tujuannya memang kita mengusahakan pembangunan yang dilakukan langsung bersentuhan derngan masyarakat dan langsung bisa dinikmati masyarakat

Kedua, pembangunan jalan secara padat karya membawa dampak ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung apabila kegiatan itu dikerjakan oleh masyarakaat setempat.

Tiap ruas jalan lingkungan yang dibangun menghabiskan dana berkisar Rp 190 juta sampai Rp 200 juta. Panjang tiap jalan yang dibangun bervariasi, antara 60 sampai 100 meter.

Lokasi jalan lingkungan yang dibangun tidak serta merta. Jalan dibangun jika ada usulan Bupati/Walikota.

Ini juga yang coba benahi juga administrasi usulan dari Bupati/Walikota agar nanti pada saat penyerahan NPHD atau penyebahan hibah barang itu tidak jadi masalah. Karena kalau bermasalah, akan mengganggu penatausahaan aset kita.

Rata-rata jalan lingkungan yang dibangun ini progresnya sudah lebih 50 persen. Bahkan beberapa diantaranya hampir rampung. Seperti jalan lingkungan di Jalan Tien Suharto, Kelurahan Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan yang Saya tinjau Gubernur, Selasa (28/7) kemarin.

“Saya minta dikerjakan dengan rapi, berkualitas, agar jalannya awet. Minimal kendaraan roda dua bisa lapang bolak balik. Tidak terjebak lumpur dan masyarakat sekitar merasa aman dan nyaman. Dan tentunya lingkungan jadi bersih, sehat, dan rata, ” tutup Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie. * rud.

Continue Reading

Kaltara

LKPj Pelaksanaan APBD 2020 di Sepakati

Published

on

By

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menandatangani Dokumen LKPj Anggaran APBD 2020.

TANJUNG SELOR – Terima kasih, dan apresiasi disampaikan untuk seluruh Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara, khususnya yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus), hari ini, melalui Rapat Paripurna ke-18 Masa Persidangan II Tahun 2020, telah dilakukan persetujuan bersama DPRD dan Pemerintah, terkait Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020.

“Saya juga sampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama legislatif dan eksekutif, mulai dari penganggaran, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2019 yang dapat terlaksana dengan baik, ” ucap Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

Untuk selanjutnya, Raperda yang disudah disetujui bersama ini akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sesuai ketentuan, hari ini, 29 Juli adalah terakhir. Alhamdulillah, meski di hari terakhir persetujuan bersama bisa kita lakukan.

Atas hal ini, ke depan ia berharap bisa lebih tepat waktu lagi. Hal ini untuk kebaikan kita semua, serta berpengaruh pada APBD kita di tahun berikutnya.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih, semua keberkaran dan rahmat Allah SWT diberikan kepada kita semua.. aamiin. * min.

Continue Reading

Kaltara

Hewan Qurban Untuk Mapolda Kaltara Dan Brigif 24/BC

Published

on

By

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie berpamitan kepada Kapolda Irjend Pol Indrajit seusai menyerahkan hewan qurban.

TANJUNG SELOR – Alhamdulillah, dengan rahmat kesehatan dan keberkahan dari Allah SWT, pagi ini Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, menyerahkan bantuan hewan kurban Gubernur Kaltara kepada Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara dan Brigade Infanteri (Brigif) 24/Bulungan Cakti.Masing-masing mendapatkan bantuan 1 ekor sapi kurban.

Juga ada bantuan 15 Al-Quran untuk masjid setempat. Tentunya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.Bantuan hewan kurban Gubernur Kaltara untuk Polda Kaltara, diterima langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kaltara Irjend Pol. Indrajit di lapangan Markas Polda Kaltara.

Sementara di Brigif 24/Bulungan Cakti, juga langsung diterima oleh Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 24/Bulungan Cakti, Letkol Inf Didit Hari.Selain menyerahkan bantuan hewan kurban, kesempatan ini dimanfaatkan juga untuk bersilaturahmi dengan Kapolda Kaltara, juga bersama Danbrigif 24/Bulungan Cakti dan jajarannya.

Karena, di masa pandemi ini, silaturahmi dengan pertemuan langsung menjadi berkurang. Maka kesempatan semacam ini harus dimanfaatkan untuk saling bersilaturahmi dan berbagi kabar.Khusus dengan Danbrigif 24/Bulungan Cakti, beliau ternyata baru sebulan bertugas pada jabatan tersebut.

Dan, belum sempat bersilaturahmi ke Pemprov Kaltara. Inilah kesempatan untuk bersua langsung dengan pimpinan baru Brigif 24/Bulungan Cakti tersebut.

“Akhirnya, saya atas nama pribadi, Gubernur dan Pemprov Kaltara serta keluarga besar menyampaikan selamat merayakan Iduladha 1441 H/2020 M, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin, ” tutup Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie. * ya2n.

Continue Reading

Trending